Selasa, 10 Februari 2015

Penyakit Akibat Kelebihan Kolesterol dalam Tubuh

Tahukah anda bahwa stroke, tekanan darah tinggi dan jantung koroner merupakan penyakit yang timbul diakibatkan dari kelebihan kolesterol? Kolesterol memang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi fungi organ sehingga berjalan secara normal, namun kelebihan kolesterol ternyata membawa dampak negatif bagi sipenderita. Oleh karena itu kenali bahaya yang timbul dan kendalikan kolesterol anda sekarang. Untuk pola hidup sehat, memeriksa kadar kolesterol adalah penting setiap bulan agar terhindari dari penyakit akibat kolesterol tinggi.

http://konsultankesehatan-dietsehat.blogspot.com/


Berikut adalah penyakit akibat kelebihan kolesterol tinggi dalam tubuh kita:

1. Stroke. Stroke merupakan penyakit yang dicirikan dengan tidak berfungsinya organ tubuh seperti lengan, mulut atau alat bicara bahkan sampai seluruh tubuh. Stroke sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Gejala stroke sendiri biasanya dimulai dari tekanan darah tinggi yang tidak diatasi bahkan dibiarkan saja dan adanya tekanan darah tinggi akut mendadak. Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yang tidak diatasi yang kemudian menyebabkan penyumbatan pembuluh darah bahkan ada yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah otak. Pecahnya pembuluh darah pada otak akan menyebabkan makanan dan oksigen tidak dapat masuk ke otak sehigga otak tidak dapat menjalankan fungsinya. Inilah yang disebut stroke.

2. Jantung Koroner.  Koroner merupakan pembuluh darah kecil pada jantung. Jadi penyakit jantung koroner adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah jantung. Kolesterol merupakan penyebab dari sakit jantung koroner ini. Penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah menyebabkan aliran darah ke jantung terhambat. Jika aliran darah terhambat maka pasokan darah ke seluruh tubuh juga terganggu. Oleh karena itu cara mengatasi penyakit jantung koroner adalah dengan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Yaitu dengan diet sehat, olahraga dan pola makan sehat sehari hari.

3. Tekanan Darah Tinggi. Tekanan darah pada usia muda dan tua bervariasi. Normalnya usia muda tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg sementara pada orang tua biasanya lebih dari 120/80mmHg yang disebabkan oleh sudah mulai rusaknya organ tubuh, malas olahraga, timbunan kolesterol dan sebagainya.

Penyebab tekanan darah tinggi adalah kolesterol yang tinggi. Pembuluh darah yang tersumbat oleh kolesterol menyebabkan terjadinya desakan yang kuat antara darah dan dinding pembuluh darah. Besarnya tekanan darah dan pembuluh darah ini yang disebut tekanan darah. Penyebab lain dari tekanan darah tinggi adalah kegemukan, stress, kurang olahraga, asupan garam yang tinggi dll.

Umumnya untuk mengatasi tekanan darah tinggi haruslah menurunkan kolesterol, diet turun berat badan, pola makan sehat dan berolahraga. Oleh karena itu menjaga kesehatan kolesterol sangatlah penting mulai dari sejak kecil.

http://tipscepatmenurunkanberatbadan.blogspot.com/p/produk-cepat-menurunkan-berat-badan_24.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...