Minggu, 25 Mei 2014

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dan Menormalkan Sakit Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus atau gula darah merupakan penyakit yang disebabkan dari kesalahan pola makan dan bukan kategori penyakit yang disebabkan bakteri. Penderita diabetes melitus, seperti halnya sakit asma, kebanyakan ditularkan melalui faktor keturunan. Jadi jika orang tua menderita diabetes melitus ada kemugkinan besar akan menurun pada anak anaknya. Nah, gen yang ada dalam keturunan yang menderita diabetes melitus akan mudah terpicu jika tidak memperhatikan pola makan sehat, apalagi jika sering mengkonsumsi junk food dan mengalami kelebihan berat badan.

Jadi diabetes melitus atau gula darah ini, bisa disebabkan dari faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari hari. Kebanyakan hal ini terjadi karena tidak adanya pola makan sehat sehari hari yang dapat mengontrol gula darah. Semua penyakit akibat kesalahan pola makan sebenarnya sangat mudah diatasi asalkan ada kemauan dan jalan keluar terbaik yaitu dengan mengatur pola makan. Namun sayangnya kebanyakan masyarakat kita tidak pernah diajarkan mengenai pola makan sehat sejak kecil, justru yang terjadi adalah mengkonsumsi jajanan apa saja dengan prinsip enak dan kenyang.

Diabetes melitus bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan dalam sekejap, melainkan penyakit yang dapat diatasi dengan mengatur pola makan dan pola hidup sehari hari agar tingkat gula darah tetap normal. Oleh karena itu ada jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus untuk tetap menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.  Berikut ini adalah 10 ‘super food’ untuk mereka yang memiliki masalah dengan diabetes atau makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes :

1. Oat makanan diabetes
Oat mengandung serat larut dalam air dan berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula dalam darah dan kolesterol. Peningkatan kadar kolesterol juga merupakan salah-satu penyebab diabetes.

2. Kacang polong, buncis dan kacang panjang.  makanan diabetes
Jenis makanan ini kaya akan serat larut sehingga berfungsi seperti oat yang mampu mengontrol kadar gula darah.

3. Apel, pir, aprikot, cherries, grepefruit (sejenis jeruk besar dengan rasa yang agak pahit), jeruk, buah persik dan plum.  makanan diabetes. Jenis buah yang disebutkan diatas juga mengandung serat larut yang mampu melepaskan gula secara perlahan ke dalam darah.

4. Yogurt rendah lemak dan susu skim.  makanan diabetes
Yogurt dan susu skim mengandung lemak jenuh yang sangat rendah, selain itu konsumsi yogurt dan susu skim juga bisa menjadi sumber asupan protein bagi penderita diabetes.

5. Ubi Jalar dan ubi kayu makanan diabetes
Kadar glukosa ubi jalar dan ubi kayu lebih rendah dibanding Nasi dan kentang, oleh karena itu ubi bisa menjadi alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes.

6. Sayuran
Semua jenis sayuran memiliki kalori yang rendah, dan kaya akan serat. Karena seratnya yang tinggi, membuat perut Anda terasa lebih cepat penuh sehingga mengurangi konsumsi nasi yang kandungan gulanya cukup tinggi. Jika Anda merasa kurang kenyang karena terbiasa nasi, Anda bisa menggantinya sayuran bertepung, seperti kentang ataupun jagung.

7. Buah-buahan
Buah-buahan memiliki banyak kelebihan sama dengan sayuran. Mayoritas buah mengandung serat dan rendah lemak serta rendah kalori dibandingkan makanan lain. Buah-buahan mengandung gula alami yang tidak akan membuat gula darah melonjak naik. Namun ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu semua jenis berry. Selain karena rasanya yang tidak terlalu manis, jenis berry-berry ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

8. Biji-bijian
Biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang polong tidak hanya sebagai sumber serat yang membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, tapi kacang-kacangan juga membantu kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal.

9. Sereal
Menu sarapan sehat dan juga enak adalah sereal atau oatmeal. Mengandung serat yang tinggi dan menjadi sumber energi untuk mengawali hari. Mengkonsumsi sereal tidak hanya baik untuk penderita diabetes tapi baik juga untuk ksehatan jantung Anda.

10. Ikan
Ikan merupakan sumber protein dan mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini baik untuk kesehatan jantung, dan menghindarkan dari kolesterol jahat. Dan biasanya penderita diabetes memiliki kadar HDL, ‘kolesterol baik’ dalam jumlah yang sedikit.

11. Dada Ayam
Dada ayam, adalah bagian yang kadang sering ditinggalakan orang. Padahal dada ayam adalah bagian yang paling bebas lemak dibandingkan bagian lainnya. Sehingga tidak meningkatkan lemak jenuh dalam tubuh.

12. Kacang-kacangan
Kacang-kacang selain sumber protein juga sumber lemak nabati yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak ini bahkan telah terbukti membantu mengurangi resistensi insulin dan membuat gula darah lebih mudah untuk dikontrol. Kacang-kacangan juga salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang melindungi sel-sel mata dan juga sarat serat dan magnesium, yang keduanya dapat membantu mengatur gula darah Anda.

13. Olive Oil
Olive oil dipercaya sejak dulu sangat baik untuk jantung. Kandungan lemaknya membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan telah terbukti membantu menjaga kadar gula darah stabil dengan mengurangi resistensi insulin.

14. Yoghurt
Yoghurt kaya akan protein dan juga kalsium. Selain menjaga berat badan lebih stabil, yoghurt juga menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh.
 
Jika Anda ingin informasi lebih detail mengenai Cara Menurunkan Gula Darah, Herbalife Untuk Penderita Diabetes, Menurunkan Gula Darah,Herbalife Untuk Diabetes,Kegunaan Shake Herbalife,Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Cepat, Menurunkan Diabetes,Cara Minum Herbalife Untuk Kencing Manis,khasiat shake herbalife,cara menurunkan diabetes silahkan hubungi kami. Terimakasih.


Disclaimer: produk herbalife bukanlah obat dan produk herbalife tidak ditujukan untuk mendiagnosa, merawat, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun. Produk herbalife adalah nutrisi sehat yang menjadi makanan sel tubuh.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...