Minggu, 01 Desember 2013

Cara Menurunkan Berat Badan yang Berbahaya Bagi Tubuh


Memiliki berat badan berlebih memang bisa menimbulkan risiko kesehatan. Jika berencana untuk menurunkan berat badan, sebaiknya hindari cara diet yang berbahaya berikut ini.

Menurunkan berat badan harus dilakukan dengan benar agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup dan terhindar dari efek samping penyakit nantinya. Untuk itu hindari cara menurunkan berat badan yang berbahaya bagi tubuh ini, seperti dikutip dari Lifemojo, Rabu (9/11/2011) yaitu:

1. Melewatkan waktu makan atau sengaja menahan lapar
Ketika ingin menurunkan berat badan maka yang terpikir pertama kali adalah mengurangi asupan kalori, tapi bukan berarti harus melewatkan waktu makan dan sengaja menahan lapar.

Meski menurunkan berat badan tapi cara ini bisa mengakibatkan hilangnya otot, mengirimkan sinyal yang salah ke sistem tubuh, kehilangan cairan dalam tubuh serta memperlambat metabolisme.

2. Mengonsumsi ramuan, pil atau suplemen diet
Cara ini terlihat paling mudah dalam menurunkan berat badan. Tapi para ahli mengungkapkan pil, suplemen atau ramuan diet kebanyakan hanya diisi oleh kafein dan bahan diuretik yang menyebabkan ketidakseimbangan cairan serta elektrolit. Selain itu obat yang dijual bebas ini mungkin tidak sesuai untuk semua orang dan berisiko bagi kesehatan.

3. Membersihkan usus untuk detoksifikasi
Metode ini menurunkan berat badan dengan menghilangkan air dan tinja, tapi tidak untuk lemak. Para ahli mengatakan tubuh memiliki mekanisme detoksifikasi sendiri yang jauh lebih efisien, dan metode ini bisa mengacaukan sistem tubuh.

4. Memuntahkan makanan yang masuk
Para ahli menuturkan isi lambung bersifat asam, jika orang sering muntah maka bisa menyebabkan erosi dan iritasi pada lapisan kerongkongan, mulut, gigi dan gusi yang bisa mengembangkan kanker, serta memicu ketidakseimbangan cairan dan elektrolit.

5. Olahraga secara berlebihan
Berolahraga secara ekstrem bisa menyebabkan peradangan, risiko cedera, ketidakseimbangan elektrolit serta mempengaruhi secara psikologis. Para ahli menyarankan olahraga rutin 3 hari seminggu melalui cardio intens dengan latihan beban atau olahraga 30 menit sebanyak 5 kali seminggu jika hanya cardio intens saja.

6. Menggunakan tembakau
Meski tampaknya sedikit gila, tapi beberapa orang menggunakan produk tembakau untuk turunkan berat badan. Namun tembakau ini membawa risiko lebih besar terhadap penyakit yang mengancam kehidupan seperti impotensi, kanker dan penyakit kronis lainnya dibanding kelebihan berat badan itu sendiri.

Untuk mengetahui cara menurunkan berat badan yang aman dan sehat, tak ada salahnya melakukan konsultasi dengan ahli gizi sehingga bisa diketahui berapa kalori yang dibutuhkan tubuh dan makanan apa saja yang dikonsumsi serta olahraga secara bijaksana.




3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...